<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Rakyat Papua Harus Dukung WPNCL di MSG Summit

Rakyat Papua Harus Dukung WPNCL di MSG Summit

Pertemuan delegasi WPNCL, FLNKS dan MSG di Kanaky, New Caledonia (Dok. MSG)
Pertemuan delegasi WPNCL, FLNKS dan MSG di Kanaky, New Caledonia (Dok. MSG)

PAPUAN, Manokwari –- Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy meminta seluruh rakyat Papua Barat mendukung langkah West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL) untuk masuk dalam Melanesian Sparehead Group (MSG) agar Papua dapat diterima sebagai anggota MSG yang baru.  
“Sebab langkah tersebut sesuai dengan mandat yang sudah diangkat dan dibahas, serta ditetapkan dalam Kongres Papua II Mei-Juni 2000, yang menekankan agar persoalan Papua dibawa untuk dibicarakan melalui mekanisme internasional,” kata Warinussy, dalam siaran pers yang dikirim kepada redaksi suarapapua.com, Sabtu (15/6/2013).
Dikatakan, langkah yang ditempuh oleh WPNCL, yang juga merupakan pilihan rakyat Papua adalah sudah sesuai dengan mekanisme internasional untuk memperjuangkan implementasi hak-hak politik rakyat Papua sebagaimana pernah disarankan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) beberapa waktu lalu di Auckland, Selandia Baru.
Sebagai salah satu aktivis hak asasi manusia di Tanah Papua yang pernah merahi Penghargaan Internasional di Bidang HAM “John Humphrey Freedom Award” di tahun 2005 dari Cannada, Warinussy juga menghimbau agar seluruh rakyat Papua tidak terpancing dan tidak terprovokasi oleh hasutan.
“Ada hasutan agar kita dapat menaikan bendera bintang fafar di seluruh tanah Papua, saya kira ini tak perlu ditanggapi, ini bertujuan untuk menghancurkan perjuangan kita,” ujar pengacara senior ini.
Yang lebih penting, menurut Warinussy orang Papua dapat melakukan doa dan puasa untuk mendukung proses diterimanya Papua dalam forum MSG Summit pada beberapa hari mendatang di Juni 2013, di Noume, Caledonia Baru.
“Saya ingin meminta dukungan dari semua komponen perjuangan hak-hak politik rakyat Papua baik di  alam maupun di luar negeri atas langkah WPNCL tersebut, dan tidak berusaha untuk mengganggu proses yang sedang berlangsung,” tegasnya lagi.
Warinussy juga meyakini, institusi negara Indonesia sedang terus berusaha untuk mempengaruhi proses politik yang sedang dan akan berlangsung di MSG Summit.
“Tetapi saya yakin bahwa kedewasaan berpolitik dan berdiplomasi pemerintah Indonesia akan sangat ditantang untuk tampil dengan pola-pola yang terhormat dan elegan dalam menyikapi perkembangan tersebut,” ujarnya.
Rencananya, MSG Summit akan digelar pada tanggal 17-23 Juni 2013 mendatang di Kaledonia Baru. Sejumlah negara di Pasifik yang memunyai ras Melanesia mengambil tempat dalam forum ini.
OKTOVIANUS POGAU
Sumber: suarapapua.com
Share this article :

No comments:

 
Copyright © 2011. Tuan Tanah Papua News . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger