<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » KETUA PNWP DEKLARASIKAN KELUARGA BESAR MELANESIA

KETUA PNWP DEKLARASIKAN KELUARGA BESAR MELANESIA

Bucthar Tabuni (Jubi/Mawel)


Jayapura,10/6 (Jubi)Bucthar Tabuni ketua Parlement National West Papua (PNWP) mendeklarasikan keluarga besar Melanesia di depan Gapuran Kampus Uncen II Waena, di Abepura, Kota Jayapura, Papua, Senin (10/6).

“Pada hari ini, saya menyatakan,  kita deklarasikan keluarga besar Melanesia,” kata  Buchtar Tabuni di hadapan Masa Aksi Rakyat Papua Barat yang mengadakan aksi mendukung Papua Barat masuk dalam MGS di Kaledonia Baru, 18 Juni nanti.

Setelah mengajak, di hadapan, ratusan masa KNPB yang kebanyakan dipadati pemuda, mahasiswa itu, Buchtar Tabuni mendeklarasikan Rakyat Papua resmi menjadi keluarga besar Melanesia. “Kami menyatakan keluarga besar Melanesia,” tegas Buchtar.

Menurut mantan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ini, hasil deklarasi lisan ini akan disampaikan melalui surat resmi kepada Pantia KTT MSG di Kaledonia baru. “ Kami akan sampaikan ini kepada pantia secara resmi,” ungkapnya.


Deklarasi ini, menurut Buchtar, sebagai dukungan rakyat Papua atas komitmen Negara-negara Melanesia memasukan Papua Barat dalam Melanesia Sparehead Group. “Negera-negara Melanesia selama ini mereka lupakan kemudian disadari masukan Papua Barat ke dalam keluarga besar jadi kami dukung,” tuturnya.

Sebelumnya, Peter Forau, Direktur MSG menekankan bahwa salah satu fokus utama dalam MSG Summit nanti adalah proposal Papua Barat masuk MSG dengan status pengamat. “Para pemimpin telah menyatakan dukungan mereka untuk Papua Barat (WPNCL). Tapi kami berharap diskusi tentang ini bisa terjadi nanti.” kata Forau kepada tabloidjubi.com, Jumat (24/05). Forau yakin, mereka akan melewati voting dalam menentukan status WPNCL nanti.“Papua Barat sudah diterima secara informal. Ini akan diformalkan di Kaledonia Baru.” lanjut Forau. (Jubi/Mawel)

http://tabloidjubi.com
Share this article :

No comments:

 
Copyright © 2011. Tuan Tanah Papua News . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger