<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Isu DPO ancam aktivis di Biak

Isu DPO ancam aktivis di Biak

Biak,- Ens- Sejak pertengahan tahun 2012, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menjadi target operasi pemberantasan tindakan terorisme yang dilaksanakan oleh Polda Papua. Penangkapan sewenang-wenang bahkan penembakan kilat telah mengkibatkan sejumlah pimpinan KNPB mendekam dalam tahanan polisi, bahkan Mako Tabuni tewas ditangan pasukan elit Indonesia.

Relawan ELSHAM Papua di Biak melaporkan bahwa sedang berkembang isu ditengah masyarakat bahwa sejumlah aktivis politik telah dimasukan kedalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Orang-orang tersebut meliputi anggota KNPB, pimpinan dan staf Dewan Adat Biak, termasuk orang-orang yang dicurigai memiliki keterkaitan dengan Tentara Pembebasan Nasional atau Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM).
Penangkapan yang dilakukan oleh Polres Biak terhadap 2 orang anggota KNPB atas nama Bastian Mansoben (27) dan Paulus Alua (25), pada 22 Oktober 2012 silam, menjadi bukti bahwa aktivis politik di Biak berada dalam tekanan aparat keamanan. Tidak berhenti sampai disitu, Anthon Kafiar (50) ditangkap pada 20 Desember 2012, ketika hendak mengikuti perayaan Natal di Sorendiweri, Supiori. Kafiar ditangkap oleh 4 orang petugas berpakaian preman, lalu dibawa ke Polres Biak. Setelah menjalani pemeriksaan secara intensif, Kafiar lalu dibebaskan pada 21 Desember 2012.
“Penangkapan sewenang-wenang terus diciptakan oleh TNI/Polri kepada kami sebagai pengurus KNPB. Kami merasa terancam dan tidak bebas melakukan aktivitas sehari-hari. Kami berharap agar organisasi HAM internasional bisa datang dan lihat kenyataan sebenarnya di lapangan,” ungkap Marthen Mnumumes (45), Sekretaris KNPB Biak. Elsham News Service
Sum: http://www.elshampapua.org
Share this article :

No comments:

 
Copyright © 2011. Tuan Tanah Papua News . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger