<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » INI TIGA AGENDA PERINGATAN 1 MEI

INI TIGA AGENDA PERINGATAN 1 MEI


Peta West Papua


Jayapura, 29/4 Ada tiga agenda yang akan diusung berbagai faksi politik penentuan Nasib Sendiri Rakyat Papua dalam aksi 1 Mei nanti untuk  memperingkati pencaplokakan wilayah Papua Barat melalui infasi militer Indonesia pada 1 Mei 1961 silam. 

Pertama, agenda refendum dan perudingan akan diusung Komite Nasional Papua Barat (KNPB).  “Aksi 1 Mei memperingati aneksasi dengan agenda pertama adalah ; 1.Indonesia ada di tanah Papua adalah Ilegal. 2, segerah gelar refrendum dan 3, perundingan Internasional,”ujar Wim Medalama juru Bicara KNPB, ke tabloidjubi.com, Senin (29/4).

Kedua, kata dia, sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM)-Tentara Pembebasan Nasional (TPN) akan mengusung agenda perundingan internasional. “Agenda lainya adalah ruang  perundingan damai antara Indonesia dan Papua Barat,”ujar Yona Wenda.

Agenda ketiga, Negara Ferderal Papua Barat hasil deklarasi pemulihan kemerdekaan pada 16 Oktober 2011 lalu. NRFPB akan mengusung agenda pengakuan. “Kita mengajak anak-anak muda ini membangun negara yang terbentuk di lapangan Zakeus,” ujar salah satu sesepuh Papua Merdeka dalam diskusi di Aula Asrama Ninim, Sabtu (27/4) lalu.

Agenda suara rakyat Papua Barat dari dalam negeri ini akan mendukung perjuangan diplomat Papua Barat di Luar Negeri. “Diplomat luar negeri sedang mendorong agenda gugatan status Papua Barat  ke Mahkaman Internasional, rakyat dalam negeri akan mendukungnya,” ujar Wim Medlama.

Menurut Alius Asso, salah satu aktivis Papua merdeka, tidak ada perbedaan agenda perudingan, referendum dan pengakuan. “Semua agenda untuk satu tujuan Papua Baru. Kami akan mendukungnya dengan aksi 1 Mei,” ujarnya.  (Jubi/Mawel)

Sumber :  tabloidjubi.com

Share this article :

No comments:

 
Copyright © 2011. Tuan Tanah Papua News . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger