<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Peringati Proklamasi West Papua, Di Sini AMP Gelar Aksi Damai

Peringati Proklamasi West Papua, Di Sini AMP Gelar Aksi Damai

Aksi Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) di Yogyakarta. foto: Dok. AMP
Yogyakarta,  Dalam rangka memperingati hari proklamasi West Papua yang jatuh pada tanggal 1 Juli, mahasiswa Papua yang tergabung dalam Aliasi Mahasiswa Papua (AMP) di beberapa kota studi menggelar aksi damai, Senin, (1/07/2013). Beberapa kota studi tersebut diataranya, di Yogyakarta, Solo, Bandung, Jakarta dan Surabaya.
Di Yogyakarta, ratusan aksi massa menggelar aksi damai di titik nol. Aksi berawal dari jalan Abubakar Ali, Malioboro, Yogyakarta dan berakhir di Titik Nol. Aksi berlangsung dengan baik dan aman di bawah penjagaan ketat aparat kepolisian.
Dalam aksi ini mahasiswa menuntut tiga hal diantaranya adalah, berikan kebebasan dan hak menuntut nasib sendiri sebagai solusi bagi rakyat Papua. Lalu, menuntut dan menghentikan aktivitas eksploitasi semua perusahan MNC milik negara-negara imperialis seperti Freeport, BP, LNG Tangguh, Medco, Corindo dan lain dari seluruh tanah Papua. Seruan lainnya adalah tarik militer Indonesia (TNI/POLRI) organik dan non organik dari seluruh tanah Papua untuk menghentikan segala bentuk kejahatan terhadap kemanusian oleh negara terhadap rakyat Papua.
Juru bicara aksi Aris Yeimo mengatakan aksi kali ini untuk memperingati hari proklamasi negara West Papua.
"Kami menggelar aksi damai kali ini untuk memperingati hari proklamasi negara West Papua yang jatuh pada  hari ini. Aksi yang sama juga dilakukan di Solo, Jakarta, Bandung," Papua dan lain-lain, tutur Yeimo sela-sela aksi.
Sementara di Jakarta, Puluhan mahasiswa dan mayarakat Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) wilayah Jakarta melakukan aksi unjuk Rasa di Istana Negara.
Masa aksi mulai berkumpul di bundaran Hotel Indonesia (HI), selanjutnya menuju Istana Negara sambil melakukan orasi. Mereka juga meminta sejumlah tuntutan yang sama diantaranya, segera membuka ruang demokrasi bagi rakyat Papua untuk menentukan nasipnya sendiri. Kedua, tutup perusahaan-perusahan asing milik imperialis yang ada di selurah tanah Papua. Serta tarik militer dari tanah Papua.
Aksi dan tuntutan yang serupa juga dilakukan di Solo dan Bandung. Di Solo misalnya, belasan mahasiswa yang dikoordinir oleh Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) komite kota Solo melakukan aksi damai selama dua jam di Bundaran Gladag, Solo, Jawa Tengah.
Mereka juga melakukan aksi dengan tuntutan yang sama diantaranya, pertama, berikan kebebasan dan hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua Barat. Kedua, segera menutup dan menghentikan aktivitas eksploitasi semua perusahaan MNC milik negara- negara imperialis seperti Freeport, BP, LNG Tangguh, Medco, Corindo dan lain-lain. Serta yang terakhir, segera menarik militer (TNI/POLRI) organik dan non organik dari seluruh tanah Papua untuk menghentikan segala bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan oleh Negara Indonesia terhadap rakyat Papua Barat.
Di Bandung, dengan tuntutan yang sama serta dikoordinir oleh Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) komite kota Bandung melakukan aksi damai di depan gedung Sate, kota Bandung, Jawa Barat. Mereka juga menuntut rezim SBY-Boediono agar memberikan kebebasan dan hak menentukan nasib sendiri bagi rakyat Papua. Menutup dan menghentikan perusahaan-perusahaan asing di Papua serta menarik TNI dan Polri dari tanah Papua.
Sementara di kota studi Surabaya, Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) komite kota Surabaya memperingati hari proklamasi kemerdekaan Papua dengan cara membagikan selebaran yang berisi tuntutan yang serupa kepada para pengguna jalan raya Nginden, lampu merah Panjang Jiwo, di pasar Wonokromo serta seluruh asrama Papua di kota Surabaya. (HT/MB/PW/JI/DD/MS)
Editor : Mateus Ch. Auwe
Sumber: http://majalahselangkah.com
Share this article :

No comments:

 
Copyright © 2011. Tuan Tanah Papua News . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger