<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Peringati 1 Mei, Satu Orang Aktivis KNPB Ditangkap

Peringati 1 Mei, Satu Orang Aktivis KNPB Ditangkap

Aparat kepolisian lengkap dengan senjata (Foto: antaranews.com)
Aparat kepolisian lengkap dengan senjata (Foto: antaranews.com)

PAPUAN, Jayapura — Sekitar pukul 09.15 Wit, pagi tadi, aparat Kepolisian Resort Kota Jayapura kembali menangkap salah satu aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Martinus Yohame (26), tepat di depan Kantor Pos Abepura, Jayapura.
Victor Yeimo, Ketua Umum KNPB ketika dikonfirmasi, siang tadi, Rabu (1/5/2013), membenarkan peristiwa penangkap salah satu anak buahnya, yang juga merupakan Ketua KNPB Wilayah Sorong.
“Benar, dia ditangkap di Lingkaran Abepura, tepat di depan kantor Pos, saat sedang orasi. Sekarang ada dapat tahan di Polsek Abepura,” ujar Yeimo, dalam pesan singkatnya.
Selain menangkap aktivis KNPB, aparat kepolisian yang dibantu tentara dikabarkan menurunkan kekuatan besar dan berada di hampir setiap sudut kota Jayapura.
“Asrama Tunas Harapan sejak pagi hari telah di datangi puluhan aparat TNI dan Polri. Ini seperti KRP III, mereka masuk sampai ke Asrama, kami minta advokasi dari teman-teman di mana saja berada,” kata Frans Takimai, salah satu penghuni asrama yang menghubungi suarapapua.com, pagi tadi.
Menurut Takimai, aparat juga lalu lalang di jalan dengan berbagai persenjataan lengkap, juga dengan mobil water canon dan truck. Perumnas III merupakan tempat yang dijaga paling ketat, sebab basis KNPB berada di daerah tersebut.
Juru bicara KNPB, Wim Medlama, kepada media ini mengatakan, massa aksi dengan aparat kepolisian sempat terjadi adu mulut, lantaran massa menginginkan long march ke Sentani, sedangkan aparat bersikeras agar massa menggunakan kendaraan umum ke Sentani.
“Massa aksi dengan 10 mobil, dan beberapa truck sedang menunju Sentani, ini khusus untuk massa yang di perumnas III saja,” ujar Medlama.
Rencananya, massa rakyat Papua yang dikordinir oleh KNPB akan melakukan ibadah peringatan hari aneksasi bangsa Papua ke dalam negara Indonesia di Lapangan Taman Mahkam Theys Hiyo Elluay, Sentani.
OKTOVIANUS POGAU
Share this article :

No comments:

 
Copyright © 2011. Tuan Tanah Papua News . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger