<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Komnas HAM Perwakilan Papua Sudah Tiba di Sorong

Komnas HAM Perwakilan Papua Sudah Tiba di Sorong

Komnas HAM (Foto: Ist)
Komnas HAM (Foto: Ist)
PAPUAN, Sorong — Setelah mendapat pengaduan dan laporan dari keluarga korban di Kelurahan Aimas, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Selasa (30/4/2012) malam, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) Perwakilan Papua telah membentuk tim dan memberangkatankan dua orang anggota untuk melakukan pemantauan.
“Begitu terjadi kejadian jam 10 malam, kami sudah dapat telepon pengaduan, dan saya sudah membentuk tim, dua orang anggota telah berangkat ke Sorong kemarin,” ujar Frits Ramandey, Ketua Kantor Perwakilan Papua, saat dihubungi suarapapua.com, Kamis (2/5/2013).
Menurut Ramandey, Komnas HAM perwakilan Papua ke Sorong dengan tujuan untuk melakukan verifikasi terhadap pengaduan, dan juga bertemu dengan para korban, termasuk pihak pemerintah dan aparat keamanan.
“Kami juga ingin memastikan kronologois penyebab kejadian itu. Korban yang sedang dirawat di Rumah Sakit telah kami temui, kami juga tetap akan bertemu dengan pemerintah daerah, termasuk dari pihak Polres dan Kodim,” tambah Ramandey.
Menurut Ramandey, Komnas HAM Papua juga tentu akan mengamati secara seksama, apakah kasus tersebut ada hubungan dengan konflik internal, atau berkaitan langsung dengan peringatan tanggal 1 Mei 2013.
“Setelah itu, kami akan buat analisa, kemudian disimpulkan, dan selanjutkan diteruskan kepada berbagai pihak yang berwenang dalam laporan tersebut,” tutup Ramandey.
Sekedar diketahui, dua warga sipil yang tewas ditembak timas panas aparat keamanan adalah, Abner Malagawak (22), dan Thomas Blesya (22); sedangkan tiga warga yang ditembak dan luka kritis, Herman Lokden (19), kena luka tembak di kaki sebelah kanan, Andreas Kapissa (23), tertembak di kaki.
Dan seorang ibu rumah tangga, Salomina Kalaibin (33), juga menjadi korban, yang ditembak di tangan kiri, bagian perut, dan tembus dipaha sebelah kiri, dan saat ini sedang menjalani perawatan secara intensif.
Sampai berita ini diturunkan, situasi keamanan di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat, masih tegang. Kedua jenazah korban yang tewas rencananya akan dimakamkan hari ini.

OKTOVIANUS POGAU
Share this article :

No comments:

 
Copyright © 2011. Tuan Tanah Papua News . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger