<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Ini Respon Inggris Terkait Pembukaan Kantor Papua Merdeka di Oxford

Ini Respon Inggris Terkait Pembukaan Kantor Papua Merdeka di Oxford

Duata Besar Inggris, Mark Canning (Foto: news.liputan6.com)
Duta Besar Inggris, Mark Canning (Foto: news.liputan6.com)
PAPUAN, Jakarta — Duta Besar Inggris, Mark Canning telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, terkait pembukaan kantor Papua Merdeka, di Oxford, 28 April 2013 lalu.
“Hari ini saya dipanggil untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Bapak Marty Natalegawa,” kata Canning, dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi suarapapua.com, siang tadi.
“Bapak Menteri menyampaikan secara jelas tentang keprihatinan yang mendalam dari Pemerintah Indonesia menyusul pembukaan kantor Free West Papua di Oxford,” kata Canning.
“Saya menjelaskan kepada Bapak Menteri bahwa kami sangat memahami kesensitifan isu ini bagi Indonesia,” ujarnya.
Canning mengatakan, posisi pemerintah Inggris dalam isu Papua sudah cukup jelas. “Kami menghormati integritas wilayah Indonesia dan kami tidak mendukung seruan-seruan untuk memerdekakan Papua.
Kami menghargai Papua sebagai bagian dari Indonesia dan hal ini sudah menjadi pandangan kami. Perkembangan terakhir (tentang dibukanya kantor Free West Papua di Oxford), yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pemerintah Inggris, tidak mengubah pandangan kami (terhadap Papua sebagai bagian dari Indonesia).”
Canning juga menyatakan, pemerintah Inggris mendukung usaha-usaha yang dilakukan oleh pihak-pihak, contohnya Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yang berusaha mengatasi masalah-masalah Papua.
“Kami berharap Papua mendapatkan kesejahteraan, stabilitas serta perdamaian yang sama seperti provinsi-provinsi lainnya di Indonesia. Saya juga mengemukakan pandangan ini kepada Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe ketika bertemu beliau minggu lalu,” ujarnya.
“Kami yakin pemerintah Indonesia berkomitmen penuh dalam mengatasi masalah-masalah di Papua dan kami berharap usaha-usaha tersebut membuahkan hasil,” tutupnya.
Sebelumnya, seperti diberitakan media ini, (baca: Walikota Oxford Buka Kantor Papua Merdeka di Inggris), Walikota Oxford, Moh Niaz Abbasi, didampingi kordinator Free West Papua Campaign (FWPC), Benny Wenda, anggota Parlemen Inggris, Andrew Smith, dan mantan Walikota Oxford, Elise Benjamin, secara resmi membuka kantor perwakilan Papua Merdeka di Inggris, Minggu (28/4/2013) lalu.
Andrew Smith, dalam kesempatan tersebut menyambut baik dibukanya kantor resmi perwakilan Papua Merdeka di Oxford, dan ia berjanji akan terus membantu Papua melalui Parlemen Internasional Untuk Papua yang telah dibentuk dua tahun lalu.
“Tuan Walikota Oxford juga memberikan dukungan dan pesan sebelum memotong pita tanda dibukanya kantor ini tadi,” ujar Smith dalam sambutannya.
OKTOVIANUS POGAU
Share this article :

No comments:

 
Copyright © 2011. Tuan Tanah Papua News . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger