<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Politik, Hukum & Ham Victor Yeimo: Rakyat Tetap Akan Turun Jalan Besok

Politik, Hukum & Ham Victor Yeimo: Rakyat Tetap Akan Turun Jalan Besok


Ketua Umum KNPB, Victor Yeimo. Foto: Ist
Jayapura, MAJALAH SELANGKAH -- Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Victor Yeimo kepada majalahselangkah.com, Selasa, (30/04/13) mengatakan, rakyat Papua Barat tetap akan turun ke jalan besok, Rabu, 1 Mei 2013 untuk memperingati  50 tahun penguasaan Indonesia atas Papua Barat.   
Hal itu dikatakan Victor menyusul larangan Kapolda Papua, Tito Karnavian dan Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe untuk menggelar demonstrasi pada tanggal 1 Mei 2013 besok. Dikabarkan, hingga saat ini, kepolisian di Jayapura belum mengeluarkan Surat Tanda Terima Peberitahuan (STTP) aksi.
Katanya, rakyat telah menyampaikan rencana aksi kepada pihak keamanan sesuai prosedur pada Hari Jumat, 26 April lalu. Maka, STTP keluar atau tidak, ini hak rakyat. Yang penting rakyat punya itikad baik untuk menghormati pihak kepolisian.  
Ia menjelaskan, sejak 1 Mei 1963, Indonesia secara ilegal telah menduduki wilayah Papua. "Pada tanggal yang sama, Indonesia akan berpesta pora merayakan kejayaannya membunuh, memperkosa, merampas, mencuri, dan menguasai tanah dan manusia Papua. Sedangkan rakyat Papua akan memperingatinya sebagai hari kedukaan nasional,"kata dia.
Kata dia, ini aksi satu dua orang. Aksi ini akan  digelar  baik di luar maupun yang ada di atas tanah Papua. "Kami telah menyurukan kepada rakyat Papua Barat untuk merayakan kedukaan ini dalam bentuk Aksi Damai, Ibadah dan atau Mimbar Bebas di Gereja atau di Lapangan Terbuka, pada tanggal 1 Mei 2013,"katanya.
Kata dia, ada dua isu yang akan diangkat pada 1 Mei 2013 ini, yaitu 50th Indonesian Illegal Occupation in West Papua dan Indonesia Annexed West Papua Illegally; We Need the Right of Self-Determination.
"Ah, cukup sudah. Kami bukan bangsa budak, kami bangsa bermartabat. Kami tidak butuh Indonesia di Papua. Orang Papua tidak pernah mengundang apalagi menghendaki Indonesia untuk menginjakan kakinya di atas tanah Papua pada 1 Mei 1961,"kata Voctor. (GE/MS)
sum: http://majalahselangkah.com/content/victor-yeimo-rakyat-tetap-akan-turun-jalan-besok
Share this article :

No comments:

 
Copyright © 2011. Tuan Tanah Papua News . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger