<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Penangkapan sewenang-wenang, penghilangan warga sipil oleh polisi di Tolikara dan Mulia

Penangkapan sewenang-wenang, penghilangan warga sipil oleh polisi di Tolikara dan Mulia

oleh Papua Barat Media dengan sumber-sumber lokal

FOTO PENANGKAPAN WARGA PAPUA
April 13, 2013
Pekerja hak asasi manusia independen di Kabupaten Puncak Jaya telah melaporkan bahwa polisi Indonesia dan militer di distrik dataran tinggi terpencil Tolikara telah terus sewenang-wenang menangkap warga sipil, diduga untuk mengisi kuota penangkapan yang diperlukan untuk promosi, sebagai bagian dari tindakan keras rutin terhadap warga sipil menyembunyikan pro-kemerdekaan berpikir di Papua.
Tiga warga sipil juga ditangkap oleh tentara Indonesia gabungan (TNI) dan Polri peleton pada tanggal 9 Maret di pasar Pasar Lama di Kota Mulia, Puncak Jaya. Nonggop Tabuni, Delemu Enumby dan Jelek Enembe, ditangkap berdasarkan tuduhan palsu menurut saksi yang diwawancarai oleh pekerja hak asasi manusia, meskipun sifat yang tepat dari tuduhan palsu itu tidak dilaporkan.
Sumber kredibel juga melaporkan bahwa motif yang sama berada di balik penangkapan sewenang-wenang dan pemukulan yang dituduhkan oleh Polda Papua (POLDA) di Tolikara pada tanggal 1 April.
Polisi dari stasiun Tolikara menangkap seorang petani 35 tahun, Yosia Karoba, 9, .25 pagi pada tanggal 1 April, ketika ia sedang berdiri di depan sebuah kios di Jalan Irian Tolikara. Korban ditangkap dengan dalih gagal membawa KTP-nya (Kartu Tanda Penduduk), undang-undang era Soeharto dirancang untuk mengidentifikasi Komunis yang telah santai mana-mana tapi Papua.
Karoba kemudian ditangkap "kasar" dan dibawa ke kantor polisi Tolikara, menurut laporan saksi, namun keluarga Karoba yang tidak memiliki informasi mengenai status atau keberadaannya saat ini sejak penangkapannya. Keluarga Karoba dan pekerja hak asasi manusia terus kekhawatiran serius bagi keamanan dan kebebasan dari penyiksaan.
Sumber hak asasi manusia mengatakan Papua Barat Media bahwa penangkapan Tolikara termotivasi untuk kepentingan promosi polisi, dengan menangkap warga sipil tak berdosa dan terus membuat korban warga sipil Papua yang tidak berdosa.
Tidak ada indikasi belum bahwa penangkapan yang terhubung dengan operasi besar-besaran sedang berlangsung menargetkan pejuang Tentara Pembebasan Nasional di bawah Goliat Tabuni, diburu setelah mereka membunuh enam tentara pasukan khusus Kopassus pada tanggal 21 Februari. Dengan media independen sangat dibatasi oleh operasi, rincian penangkapan menyapu warga sipil selama operasi lain telah diverifikasi, namun sumber-sumber lokal melaporkan bahwa ratusan bahkan ribuan warga sipil telah ditahan atau dipaksa melarikan diri dari desa mereka selama operasi.
Share this article :

No comments:

 
Copyright © 2011. Tuan Tanah Papua News . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger